Home » » WHO nyatakan darurat kesehatan Global karena Virus Ebola

WHO nyatakan darurat kesehatan Global karena Virus Ebola

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan keadaan darurat untuk kesehatan masyarakat yang mendesak masyarakat internasional untuk melawan epidemic virus Ebola. WHO menyatakan karantina Negara-negara yang terkena dampak seperti Guinea, Sierra Leone, Liberia, dan Nigeria untuk menghentikan epidemic virus ini menyebar lebih luas. Namun WHO juga memperhatikan kondisi dan situasi ekonomi Negara-negara tersebut.

Ini adalah darurat kesehatan ketiga kalinya setelah darurat dari WHO mengenai flu burung pada tahun 2009 di Asia, dan pada bulan Mei juga menyatakan darurat kesehatan mengenai polio di Timur Tengah. Dengan pertimbangan bahwa Negara di daerah Afrika terutama Afrika Barat yang tidak bisa mengatasi masalah ini sendiri, maka WHO mendesak komunitas Internasional untuk memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan di negara tersebut termasuk dalam hal mengatasi penyebaran yang lebih meluas lagi.

Direktur Jenderal WHO Keiji Fukuda yang bertanggung jawab atas epidemi virus ini mengatakan bahwa mereka yang terkena virus Ebola harus di karantina setidaknya 30 hari, karena waktu inkubasi virus adalah 21 hari. Komite WHO juga merekomendasikan untuk semua wisatawan dari negara yang terkena dampak, untuk mendapatkan pemeriksaan, di setiap bandara, pelabuhan, dan perbatasan perbatasan utama.

Negara yang dinyatakan darurat kesehatan diantaranya Liberia dan Sierra Leone, setidaknya terdapat 3 kota yang dikarantina, dan pada hari jum’at Nigeria mengumumkan keadaan darurat nasional.

Virus Ebola ditularkan melalui kontak langsung dengan darah, cairan tubuh atau jaringan manusia dan hewan yang terinfeksi dan menyebabkan demam, ditandai dengan perdarahan, muntah dan diare. Angka kematian bervariasi antara 25 dan 90%.

"Article : "

Posted by: wahyu nor rozi Semipedia Updated at : 21.46.00Google+
Terima Kasih sudah meluangkan waktu untuk mengunjungi Semipedia, Postingan kali ini membahas mengenai WHO nyatakan darurat kesehatan Global karena Virus Ebola Semoga Bermanfaat
 
Copyright ©. Semipedia - All Rights Reserved
Template by Semipedia | Feeds