Home » , , » Dampak Negara yang mengucilkan diri dari Pergaulan Antarbangsa

Dampak Negara yang mengucilkan diri dari Pergaulan Antarbangsa

Sifat manusia yang selalu membutuhkan orang lain adalah sifat alami yang dimiliki manusia. Tidak ada manusia yang mampu hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Dalam perkembangannya manusia yang berkelompok-kelompok membentuk masyarakat dan akhirnya di era modern ini terbentuklah sebuah Negara. Sama halnya dengan manusia Negara adalah kelompok manusia yang terorganisir yang pastinya memmerlukan bantuan dari Negara lain. Disini fungsi dari pengakuan negara lain berperan dalam keterjalinan hubungan antar bangsa dan negara.

Dengan berdirinya negara-negara di dunia yang meciptakan berbagai bentuk dari suatu negara dan pemerintahan sesuai dengan kebutuhan dari warga negaranya maka perkembangan ilmu pengetahuan, perdagangan (di sisi perekonomian), agama, interaksi sosial antar bangsa, olah raga dan kebudayaan, yang sangat beragam dan kompleks, sehingga memunculkan ketergantungan diberbagai bidang kehidupan. Ketergantungan tersebut adalah sifat alami dari suatu negara yang ingin selalu berkembang dan maju sesuai dengan negara lainnya, sifatnya hubungan tersebut berupa timbal balik sehingga memunculkan berbagai kepentingan bersama untuk memelihara dan mengatur hubungan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. 

Untuk menjalin suatu hubungan yang terakumulasai secara terus-menerus dalam peningkatan kualitas di berbagai bidang kehidupan suatu negara, maka muncullah perjanjian antar negara baik bilateral maupun multilateral. Dari analisa di atas bisa dipastikan suatu negara akan tertinggal dan terkucilkan jika negara tidak mau bergabung dengan negara lain dalam menjalin berbagai bentuk kerja sama.

Jadi mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa adalah kebijakan yang kurang bijak bagi negara itu sendiri, hal tersebut sangatlah merugikan negara itu sendiri. Negara tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhan sendiri tanpa bantuan dari bangsa lain.

Dampak bagi negara yang mengucilkan dari pergaulan antar bangsa:  

  1. Negara tersebut secara tersirat tidak mau memelihara dan menciptakan suasana hidup berdampingan  secara damai dan adil dengan bangsa lain, sehingga kemungkinan-kemungkinan terjadinya konflik dengan bangsa lain menjadi lebih besar.
  2. Perkembangan IPTEK, olahraga  dll akan terhambat, karena tidak mungkin negara akan hidup sendiri tanpa bantuan negara lain sementara perkembangan IPTEK di dunia semakin pesat. Bahkan  negara yang besar sekalipun jikalau mengucilkan diri dari bangsa lain maka perkembangan bangsanya akan terhambat, realitas menunjukkan bahwa setiap bangsa memiliki kebutuhan yang sangat beragam untuk mempertahankan kelangsungan hidup negara dan bangsa tersebut, yang tidak akan selalu dapat dipenuhi oleh potensi yang dimiliki oleh setiap bangsa.

Demikian sekilas artikel mengenai Dampak Negara yang mengucilkan diri dari Pergaulan Antarbangsa yang diharapkan setiap warga negara dari suatu Bangsa untuk bisa saling menghargai bangsa lain dengan bijak dan arif, sehingga terciptalah suasana kehidupan dunia yang damai.

"Article : "

Posted by: wahyu nor rozi Semipedia Updated at : 01.16.00Google+
Terima Kasih sudah meluangkan waktu untuk mengunjungi Semipedia, Postingan kali ini membahas mengenai Dampak Negara yang mengucilkan diri dari Pergaulan Antarbangsa Semoga Bermanfaat
 
Copyright ©. Semipedia - All Rights Reserved
Template by Semipedia | Feeds